Rilis Dapodik PAUD dan Dikmas Online

Mulai hari ini, 3 September 2018, Dapodik PAUD dan Dikmas Online resmi dibuka. Aplikasi Dapodik PAUD dan Dikmas Online dapat diakses oleh satuan/lembaga PAUD dan Pendidikan Masyarakat pada alamat http://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik

Bagi Lembaga PAUD

Bagi lembaga PAUD (TK, KB, TPA dan SPS) aplikasi ini dapat digunakan jika memilih “Dapodik Online” sebagai metode sinkronisasinya. Jika operator sudah memiliki akun Dapodik, silahkan mulai menggunakan “Dapodik Online”, login menggunakan akun Dapodik Offline yang sudah dimiliki.

Jika operator memilih “Dapodik Offline/Sync Online” atau “Dapodik Offline/Kirim File”, operator masih dapat login ke Dapodik Online, tetapi hanya bersifat read-only dan tidak dapat melakukan penambahan, pengubahan atau penghapusan data. Dalam mode read-only operator dapat melakukan pengecekan pengisian Dapodik Offline, apakah data yang disinkronkan sudah masuk ke server atau belum.

Penggunaan Aplikasi Dapodik Online atau Dapodik Offline sepenuhnya diserahkan pada masing-masing satuan pendidikan. Jika satuan pendidikan berada pada daerah dengan koneksi internet yang dirasa cukup baik dan dapat selalu online, disarankan menggunakan Dapodik Online, tetapi jika berada pada daerah yang koneksi internetnya dirasa kurang baik, maka dapat menggunakan Dapodik Offline.

Bagi Lembaga Dikmas

Bagi lembaga Dikmas (PKBM, SKB, LKP) aplikasi ini menggantikan Aplikasi Dapodikmas. User dan Password yang digunakan sama dengan Dapodikmas. Semua data yang sudah diisikan di Dapodikmas otomatis dimigrasikan ke Dapodik Online.

Dapodik Online tidak memerlukan instalasi ke komputer/laptop, tidak perlu sinkronisasi jika ingin mengirimkan data dan dapat digunakan di perangkat PC/Laptop Windows/Mac, Tablet dan Smartphone dengan beragam Operating System yang memiliki browser modern.

Selamat menggunakan aplikasi Dapodik Online.

Salam Satu Data.