Pembukaan Entry Data Semester Ganjil 2017/18 dan Perbaikan Data Peserta UN Gelombang 2 Tahun 2017

Yth, Bapak/Ibu Operator Dapodikmas,

Mulai tanggal 28 Agustus 2017 entry data semester ganjil 2017/18 dibuka. Silahkan melakukan pengisian data lembaga/satuan pendidikan, sarpras, peserta didik, PTK, dan rombongan belajar semester ganjil 2017/18 pada Aplikasi Dapodikmas.

Karena data Dapodikmas digunakan untuk banyak kepentingan terkait dengan pembinaan, perencanaan dan penganggaran program Pendidikan Masyarakat dan LKP, serta juga secara berkesinambungan digunakan sebagai data peserta didik Ujian Nasional, mohon untuk melakukan pengisian data secara lengkap, tepat dan akurat. Pengisian data semester Genap 2017/18 dilakukan sampai Desember 2017.

Selain itu pada tanggal 19 Agustus 2017, data pada Dapodikmas telah disinkronkan dengan Aplikasi PDUN. Data yang ditampilkan dan dapat diunduh pada Aplikasi PDUN adalah peserta didik tingkat akhir paket B dan C yang tercatat pada Dapodikmas pada semester 1 atau 2 tahun ajaran 2016/2017. Peserta didik yang telah mengikuti Ujian Nasional Gelombang 1 dikecualikan dengan ketentuan berikut.

  • Peserta didik Paket B dan C yang telah mengikuti UN gelombang 1 secara lengkap dikecualikan (tidak muncul namanya) pada Aplikasi PDUN.
  • Peserta didik Paket B yang telah mengikuti UN gelombang 1 tetapi tidak mengikuti satu atau lebih ujian mata pelajaran, dapat tetap mengikuti UN gelombang 2 sehingga tidak dikecualikan (tetap muncul namanya) pada Aplikasi PDUN.
  • Peserta didik Paket C yang telah mengikuti UN gelombang 1 tetapi tidak mengikuti satu atau lebih ujian mata pelajaran tidak mengikuti UN gelombang 2 tetapi mengikuti UN Perbaikan. Sehingga dikecualikan (namanya tidak muncul) pada Aplikasi PDUN.

Atas hal tersebut diatas, mohon untuk segera melakukan pengecekan data PDUN, jika terdapat perbedaan/kesalahan data pada isian Aplikasi Dapodikmas seperti:

  1. Data sudah dientri, tapi blm muncul di Aplikasi PDUN karena salah memilih tingkat pendidikan pada rombongan belajar segera diperbaiki tingkat pendidikannya.
  2. Data peserta didik sudah dientry tapi belum dimasukkan ke rombongan belajar segera dimasukkan ke rombongan belajar yang sesuai
  3. Data ganda atau double dikeluarkan dari Dapodikmas.

Perbaikan Dapodikmas seperti diatas dapat dilakukan pada tanggal 28 Agustus 2017 s.d 9 September 2017.

Untuk melakukan perbaikan data silahkan memilih semester “2016/2017 Genap” pada pilihan dibawah form username dan password sebelum melakukan login ke Aplikasi Dapodikmas seperti gambar disamping.

Setelah login pada semester 2016/17 Genap, silahkan melakukan perbaikan data rombongan belajar/peserta didik.

Bagi peserta didik kelas akhir yg belum mengikuti ujian pada tahap pertama dapat mengikuti ujian nasional tahap kedua dengan ketentuan; telah menyelesaikan seluruh mata pelajaran dibuktikan dengan nilai raport semester terakhir; usia ijasah sebelumnya minimal 3 tahun; atau yang sudah mengikuti ujian pendidikan kesetaraan (ujian satuan pendidikan)

Terima Kasih